Monday 2 April 2012

Seconds to Disaster

Bali - bali - bali, here I come.
Setelah hampir 4 tahun ngga pernah pulang akhirnya punya "waktu" juga untuk mudik dan untuk kali ini bukan kunjungan presiden 2 - 3 hari seperti biasanya, ini liburan yang sesungguhnya, 2 minggu, memecah rekor kunjungan gw ke Bali, hoorraaayyy. Thanks to my lovely Om Ketut Sugiantara yang berhasil membuat si emak dan babeh ngasi anggukan untuk pulang 2 minggu :)

Sebenernya ini pengalaman pertama gw ke Bali langsung dari Lampung transit di Jakarta. Biasanya perjalanan ke Bali selalu gw mulai dari Jakarta, dari Lampung naik pesawat atau bis ke Jakarta, nginep dulu di tante semalem baru ke Bali. Dan alhasil sekarang gw mati gaya harus menunggu 3 jam di bandara tanpa teman.


Waktu gw nunggu di Bandara Raden Intan Lampung, gw duduk sebelahan sama mamih - mamih. Si mamih mengajak ngobrol. Awalnya obrolan standar ketemu orang diperjalanan : mau kemana, berapa dapet harga tiketnya, sendirian, lampungnya dimana, duduknya di seat berapa, bla bla bla....
Trus si mamih mulai cerita kalo dia sebenernya phobia ketinggian dan takut setengah mati naik pesawat, padahal dia harus naik pesawat Lampung - Jakarta tiap 1 bulan untuk berobat. Dia cerita pertama kali dia harus naik pesawat baru boarding aja dia udah pingsan, tapi lama - lama phobianya berkurang, tapi tetep bikin tangannya keringetan setiap di pesawat. Gw cuma bisa merespon dengan senyum dan ketawa. Sampe akhirnya si mamih cerita kalo dia sering nonton Nat Geo TV acara Seconds to Disaster dan Air Craft Investigation (ternyata mamih - mamih gaul saudara - saudara) dan dia takut kalo tiba - tiba pesawat yang dia naikin kaya yang di acara itu. Gw sebenernya paling seneng juga nonton dua acara itu, tapi gw lebih memandang acara ini sebagai sumber informasi penting bagaimana menghadapi krisis ketika muncul kecelakaan dalam perjalanan apapun atau bencana apapun, bukan sebagai acara yang malah bikin takut naik ini itu. Dia jg tanya ke gw : "gimana kalo kita mati di udara karena pesawatnya tiba - tiba meledak". Gw ngakak dikasi pertanyaan begini.


Gw tanya si mamih, apa agamanya, si Mamih Buddha, dan kebetulan gw suka baca buku - buku dan kumpulan ceramah seorang bhiksu yang namanya Ajahn Brahm (penulis buku best seller Si Cacing dan Kotoran Kesayangannya 1 dan 2), gw tanya si mamih pernah denger biksu ini apa nggak, sayangnya ngga pernah baca dan denger tentang beliau (masa gaulan saya yg Hindu sih bu'e??? hehehe). Ada satu ceramahnya yang pernah bahas tentang perjalanan di pesawat dia bilang :

"Banyak orang yang takut naik pesawat karena takut pesawatnya tiba - tiba meledak dan dia mati di angkasa, tidak ada jasad yang ditemukan karena tubuh hancur berkeping - keping. Padahal, kalau menurut saya, seharusnya orang - orang tidak perlu takut mati di angkasa, mereka seharusnya bahagia kalau mati di angkasa, karena kalau mati di angkasa, kita meninggal di tempat tinggi, lebih dekat perjalanan untuk menuju surga dibandingkan mereka yang meninggal di tanah, bayangkan kita lebih tinggi hampir 35000 kaki dari mereka yang mati di darat, ini menghemat banyak tenaga".

Gw ceritain ceramahnya Ajahn ke si mamih, dan dia malah meringis : " tidak membuat saya lebih tenang" katanya, hahahaha.
Isi ceramah ini memang bercandaan Ajahn aja, karena maksud cerita itu adalah tidak perlu takut akan sesuatu yang belum tentu terjadi karena ketakutan tak beralasan hanya akan membuat kita tidak bahagia.
Setelah dijelasin maksud ceritanya baru si mamih merespon : "iya juga sih, kan belum tentu mati ya"
Gw : ngegubrag!! dari tadi kek nyadar.

Untung gw duduknya ngga sebelahan sama tu mamih2, kalo iya gw membayangkan dia bakalan stress berat disaat pesawat take off dan landing.

Dan sekarang gw duduk di lounge gate C4, masih 2 jam lagi penantian gw. Tempat ini mengingatkan kalo gw dulu banget entah tahun berapa pernah nulis di blog lama gw tentang seorang bocah bule yang super tengil yang pernah membuat gw kerepotan di lounge gate ini. Gw posting ulang di blog ini, enjoy!

No comments:

Post a Comment