Friday 16 March 2012

Angkot Phobia

Seneng deh Lampung punya BRT. Trans Bandar Lampung itu memang kendaraan umum paling TOP BGT yang pernah Lampung punya. Damri aja kalah, fasilitasnya OK, pelayanannya OK. Kalau semua halte udah jadi pasti bakalan lebih OK lagi.

Semenjak pertama kali BRT di uji coba, gw orang rumah yang paling excited. Semangat 45 pengen nyobain  naik BRT. Dan paling heboh kalo liat BRT. *ndeso banget!!!*
Walaupun sempet kurang peminat karena harganya mahal, sekarang setelah turun harga dan Damri diberhentikan trayeknya, BRT makin rame peminat. Seneng aja rasanya liat BRT mulai penuh - penuh, bahkan sering pada berdiri - berdiri. Nyokap sewot, gw dituduh jadi simpatisan sejatinya pak Herman (walikota) karena selalu ngebagus - bagusin BRT. Padahal, sebenernya yang bikin gw seneng bukan karena Lampung mulai berkembang karena punya bus Trans sendiri, yang bikin seneng itu : Ada BRT = ANGKOT berkurang bahkan sebentar lagi dihapuskan keberadaannya dari muka bumi Bandar Lampung.

Angkot Lampung udah jadi musuh gw dari dulu, dari jamannya gw SMA semenjak Kangen Band merajalela. Hampir semua angkot di Bandar Lampung kalo kita naikin lagunya pasti Kangen Band, entah mereka bagi - bagiin CD gratis ke semua tukang angkot atau gimana, hampir 1 jam dalam sehari gw didera lagu melayu ngga jelas yang tak menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar itu. Udah mana angkot disini di modifikasi dengan speaker yang segede - gede alaihim. Bayangkan kalian di sekap dalam angkot dengan lagu Kangen Band bervolume besar. Ini menimbulkan 1 trauma.

Setelah 5 tahun pergi merantau dan Kangen band masuk penjara, bukan Kangen Band yang jadi musuh gw dalam dunia perangkotan,  di bulan pertama gw di Lampung, entah berapa kali gw berantem sama tukang angkot gara - gara gaya menyetir mereka yang ugal - ugalan, berasa jadi pembalap F1 tapi ngga kesampean. Pernah juga negur supir karena mereka setel volume musik terlalu keras sampe bikin kuping pekak, bukannya dikecilin supirnya malah marah dan makin dibesarin, karena kesel gw turun dan gw bentak supirnya. Hasilnya, orang - orang di dalam mobil ikutin jejak gw turun semua. Hahahaha... rasakan kau!!!

Gw ngga pernah naik angkot lagi sejak 6 bulan yang lalu gw pindah ke Lampung.
Sombong????
Ngga bisa diajak susah????
Payah!!!!
Manja!!!!

Hah, terserahlah kalian mau bicara apa.... Angkot di lampung raya ini telah berhasil membuat gw trauma mendalam. Ada satu lagi kejadian yang membuat gw bener - bener ngga mau lagi naik angkot. Kalau kalian mengalami hal yang sama, mungkin kalian jg akan trauma. Terakhir gw naik angkot, gw dimuntahin anak kecil. Sekali lagi biar dramatis : DIMUNTAHIN!!!! Bayangkan saudara - saudara, gw lg duduk manis menikmati semilir angin gelebug dari jendela angkot yang ngesot sana sini, nyelip sana - sini, tiba - tiba seorang anak menguras isi perutnya, tepat di pangkuan gw. Gw menyalahkan si supir karena nyetirnya seenak jidat, jadi deh si anak mual dan menganggap gw sebagai kloset yang pantas dimuntahi. Dari situlah...... tidak pernah lagi gw naik angkot. Lebih baik gw nunggu Damri, berdiri empet - empetan, atau nungguin BRT lewat dari pada harus naik angkot atau tidak pergi sama sekali. Cukup... cukup sekali gw dimuntahin.

Sejak itu juga gw semangat ngelancarin nyetir, emang dasarnya ngga berbakat di bidang kendara mengendarai, gw butuh waktu lama untuk belajar nyetir. Bikin guru lesnya ngelus - ngelus dada (yup, gw pake jasa les nyetir karena babeh gw bukan guru yg baik, ngeboncengin gw naik motor aja dia nabrak pohon kelapa apalagi ngajarin gw nyetir, aduh...) dan entah berapa kali si guru les mengeluarkan kata "astaghfirullah", gw cuma bisa bilang : "sabar ya pak...., saya memang ngga berbakat di bidang otomotif".

Kalo dulu setiap naik angkot gw cuma bisa mengeluh, coba gw belajar nyetir dari dulu, setelah bisa dan dimanfaatkan menjadi supir pribadi si emak dan si babeh yang jd males nyetir setelah gw lancar, sekarang gw mengeluh coba gw dulu ngga belajar nyetir, hahahaha. 

BRT membuat segalanya menjadi lebih terang, keterbatasan lahan parkir di kota ini bikin gw males bawa mobil kemana - mana, lebih baik naik BRT, tinggal duduk, bayar, nyampe, adem, bersih lagi. Betis ngga gede sebelah karena injek lepas kopling terus disaat macet, ngga emosi karena angkot yang berenti seenaknya ditengah jalan  atau diomelin tukang parkir yang jutek - jutek karena gw sampe sekarang entah kenapa ngga bisa - bisa parkir paralel. Atau di kedip - kedipin supir - supir truk lintas yang lewat dijalanan depan rumah, uuurrrggghhhh!!!!

Apalagi kalo BBM beneran naik, BRT bakalan jadi transportasi andalan gw deh. Tempat ngajar dilewatin jalur BRT, kampus juga di lewatin BRT.
Ucapkan selamat tinggal ke si Item yang menemani gw selama 6 bulan, dia pasti seneng ngga gw pake dengan semena - mena tiap hari, biarkan dia beristirahat dengan tenang dan cuma dipake ke daerah tanpa jalur BRT. Saya mau pindah ke lain hati, pindah ke si Ijo Ngejreng pake tapis.

Seperti kata pak Herman, transportasi publik macam ini bagus buat mendisiplinkan masyarakat, jadi ngga ada lagi tuh yang ngeberentiin di sembarang tempat, naik dan turun di tempat yang sudah ditetapkan. Yang bawa kendaraan lain juga ngga terganggu, tingkat kecelakaan karena bersenggolan di jalan juga berkurang. Dan efek positif lainnya adalah berkurangnya angka kejahatan di dalam angkot dan menyerap banyak tenaga kerja. Good solution pak Herman! *dibaca emak makin lah gw dibilang simpatisan setia*

No comments:

Post a Comment