Friday 16 March 2012

KEREatif

Kuliah kesehatan, terutama kebidanan dan keperawatan yang adalah pendidikan vokasi yang 60%nya diisi praktek, keberadaan phantom (boneka peraga) dalam proses pendidikan itu penting. Kalau ngga ada phantom mahasiswa cuma belajar mengawang - ngawang. Kalau berdasarkan segitiga pengalaman yang dulu diajarin bapak dosen Teknologi Pendidikan katanya pengalaman tiruan itu lebih baik dari pada hanya melihat gambar atau video. Nah, pengalaman tiruan berarti belajar melakukan tindakan di phantom, setelah mahir di phantom, lulus ujiannya, baru ke manusia. Tapi kendalanya, phantom itu harganya sangat mahal saudara - saudara, bisa jutaan, puluhan, ratusan tergantung kecanggihan phantomnya.

Di pedalaman, seperti di Lampung raya ini, institusi pendidikan kesehatan, terutama di tempat gw kerja sekarang memiliki phantom yang sangat minim, phantoom tubuh doang sebiji, sudah. Ngga ada yang lain lagi. Dan phantom yang mereka punya itu terbuat dari bahan keras, entah apa namanya, jadi ngga bisa ditusuk, ditekuk, atau diobrak - abrik lainnya. Nah, karena keberadaan phantom yang sangat membingungkan gw untuk ngajar anak - anak, maka dengan polosnya gw minta phantom ke bagian akademik. Hasilnya? Gw cuma dikasi senyum yang ngga manis sma sekali dari si bapaknya. Bisa gw artikan senyumnya sebagai : " Lo pikir harga phantoom murah apa?? Belinya pake daon???"
Atas jawaban ini gw pun kebingungan, mencari ide, gimana caranya mahasiswa gw bisa belajar menyuntik, meng-infus, memasang kateter (selang yang dimasukkan ke saluran kencing) tanpa phantom.

Pertimbangan gw :
Mau belajar infus ke temen sendiri : mereka udah pernah dan hasilnya tangan mereka hematom (bengkak) semua.
Mau belajar nyuntik ke temen sendiri : gw serem ni anak tremornya (gemeter) ngga ketulungan dan jarum patah di dalem, habis lah sudah....
Mau belajar pasang kateter ke temen sendiri : gw bisa diamuk sama orang tua mahasiswa.
Intinya gw memandang percobaan yang invasif ke temen sendiri itu ngga etis, mau percobaan ke binatang aja harus ada izinnya, apalagi ke manusia langsung.

Gw akhirnya memutuskan untuk menghabiskan materi yang teori - teori dulu sambil gw memikirkan gimana caranya gw ngajar praktek tanpa phantom. One day, gw mondar - mandir sendiri di laboratorium tempat kerja, buka - buka semua lemari cari benda apa yang bisa gw manfaatkan. Sampe gw ngeliat ada papan dibungkus kassa, yang biasa mereka pake jadi bidai. Inget dulu pernah belajar implan pake sarung tangan dan bantalan implan, gw jd berpikir, ini "sesuatu". Gw buka lagi lemari lain dan menemukan satu sarung tangan karet panjang yang sudah robek. Ini "sesuatu" juga. Dan akhirnya gw menggabungkan keduanya dan menjadikannya sebagai phantoom tangan untuk mereka belajar penyuntikan intra cutan dan pemasangan infus. Begini hasilnya :
Gw jiplak tangan kiri ke bidai yang dibungkus sarung tangan panjang pake permanent marker, trus gambarin vena sesuai alur vena di tangan kiri, sesuaikan besar kecilnya dengan vena asli yang di tangan. Hasilnya di gambar ke dua, anak - anak bisa belajar pasang infus seolah - olah ke phantoom tangan yang sesungguhnya. Bahkan dibandingkan dulu gw belajar di kampus, phantoom ini lebih menyerupai keadaan asli ketika memasang infus ke kulit karena tekstur karet di satung tangan lebih mirip dengan kulit.

Masalah terpecahkan, untuk praktek suntik gw minta mahasiswa bawa busa tebal, dan waktu mereka belajar busa tinggal di pegang disesuaikan dengan lokasi penyuntikannya.







Untuk kateter, ada cara yang sangat mudah dan murah. Busa bekas mahasiswa belajar suntik gw colong bawa pulang. Sampe rumah gw print gambar vulva sesuai dengan ukuran busa, supaya mirip aslinya ukuran busa yang gw ambil 30x30 cm. Trus gw tempel dan kasi bolongan sesuai dengan 2 lubang di bagian vulva. Hasilnya seperti gambar.
 Itu busa biasa yang dipakai belajar hecting, dari tukang panglong kayu yang biasa dipake sofa. Trus ngebolonginnya pake pensil, jadi pas seukuran dengan kateter yang 16G.
Sengaja yang dibolongin uretra dan vagina biar mahasiswa bisa ngebedain, kalau pasang kateter merka harus memasukkan kemana. Saat ujian mereka bisa sekalian diuji anatominya, dan menjadikan 1 lubang lainnya sebagai jebakan.

Nah, bagian belakang gw jahit satu plastik bening yang dipake buat bikin es batu atau bungkus sayur, dengan panjang kira - kira 15 cm. Ini akan seolah - olah menjadi ureter, jadi mahasiswa bisa benar - benar merasakan ada tahanan ketika kateter sudah mencapai tempat yang dituju. Dan ini juga bermanfaat waktu mahasiswa belajar mengisi ujung  kateter dengan aquadest, mereka bisa lihat langsung ada gelembung di dalam yang menyebabkan si kateter ini ngga merosot lagi keluar.



Waktu gw berkutat di rumah bikin ini, si emak ngetawain gw habis - habisan, katanya : "kamu niat banget sih, orang yang punya yayasan aja cuek aja institusinya ngga punya alat". 
Si babeh minta gw nutupin gambar pake kain *lebay deh beh, haha*. 
Dan sampe di kampus, si bapak administrasi teriak - teriak liat gw bawa gambar vulva yang dibolongin, "ibu itu apaaaaa???, mau diapain ituuuu????"
Mahasiswa tanya : "bu, ini inspirasinya dari mana???", gw jawab : "mutih 3 hari 3 malem".

Sebenernya sih bisa aja gw ngga bikin beginian, cukup liatin video, selesai. Masalah mereka nanti gimana toh masih bisa belajar di lapangan praktek langsung. Cuma gw rasanya ngga puas kalau mereka ngga paham banget apa yang gw sampein. Apalagi suatu saat mereka di lapangan kalau ngga bisa masang kateter yang disalahin ya dosennya. Dan lebih parah lagi takutnya mereka salah masukin, kateter dimasukin ke orificium vagina yang masih nona panjang urusannya. Jadi lebih baik niat dari pada merasa berdosa.

Sebenernya sedih, kok bisa institusi berdiri tanpa sarana dan prasarana, gimana izinnya bisa keluar???? Tapi ya begitulah faktanya di lapangan. Mungkin kalian yang tidak mengajar di kota sebesar Bandung atau Jakarta juga mengalami kendala yang sama. Tapi keterbatasan bukan berarti kita menyerah dengan keadaan. Ada banyak alternatif lain, gunakan apa yang ada untuk mengajar. Kere bukan berarti tidak aktif. Jadilah KEREatif.

3 comments:

  1. nae!! wow, sumpah ya gw bener2 tercengang pas baca ini.. antara sedih, karna kampus yang belum LAYAK, dan juga bangga punya temen yang CERDAS. Kayak gini nih sebenernya dosen yg bener. Coba deh banyangin kalo mahasiswa cuman liat gambar di video?? pas praktek mereka bisa pengsan tremor sa-awak2 disuruh nginfus or IC,, ato kejadian si kateter masuk vagina,, ato malah bengong pas kepala bayi crowning (ups,cerita siapa ya ini??lol.,, ebuset dah bakal panjaaaaaaang urusannya, belom lagi kalo si keluarga pasen nuntut, aduuuh, naudzubillah..
    Pokonya cintai pekerjaan kalian, as a lecturer or midwife from your deepest heart yak. *hadeeh belepotan.. juga, ADVOKASI para petinggi kampus Na, jgn lupa..
    anyway,,Tambah ngefans deh gw padamu!! hahaa..

    ReplyDelete
  2. sayangnya kontrak kerjaku habis pow bulan ini, advokasi uda dr pertama masuk sampe sekrang, cuma kan kau tau kemampuan komunikasiku kaya apa, hehehe
    I'm totally jobless next month, maybe I should do a business, just like you :)

    ReplyDelete
  3. keren :D
    kreatif banget,bisa kepikiran bikin phantom sendiri ^^

    ReplyDelete